Logo
images

JUMLAH KURSI DAN DAPIL TANAH DATAR TETAP

Tanah Datar.

Jumlah Dapil  untuk DPRD Kabupaten Tanah Datar masih tetap 4 Dapil   yakni untuk Dapil I yang meliputi Kecamatan Pariangan,Batipuh dan X Koto , dapil II yang meliputi Kecamatan Sungayang,Sungai Tarab,Salimpaung dan Tanjung Baru,kemudian Dapil III meliputi Tanjung Emas,Padang Ganting,Lintau Buo dan Linatu Buo Utara,serta Dapil IV meliputi Kecamatan Lima Kaum,Rambatan dan Batipuh Selatan,namun pada saat ini muncul 2 usulan tentang Dapil.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar Arwin Spdi yang didampingi oleh Komisioner Harmes Yoni Kepada BNews Selasa(13/2).

Ia menyebutkan,penambahan kursi di DPRD Kabupaten Tanah datar tidak terjadi dan masih 35 kuris,karena Jumlah penduduk berdasarkan data yang masuk per Desember 2017 hanya mencapai 366.136 jiwa ,sedangkan syarat untuk menambah kursi penduduknya harus mencapai 400 ribu lebih.

“Sedangkan masalah Daerah Pemilihan,Kita mendapat dua usulan tentang dapil yang menginginkan agar perubahan Dapil tidak terjadi pada jumlah Dapil,namun jika ada perubahan hanya pada pergeseran Kecamatan dimana Kecamatan Pariangan yang sebelumnya masuk ke Dapil I diusulkan bergeser ke dapil IV,sedangkan Kecamatan Batipuh Selatan dari Dapil IV masuk ke dalam dapil I “Sebut Arwin.

lebih lanjut Arwin mengungkapkan,Penataan Dapil ini berpedoman pada 7 prinsip dan berdasarkan Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu pasal 185 yakni prinsip Kesetaraan suara,Taat kepada Proporsionaritas,Prinsip Proporsionaritas keseimbangan kursi,Katerminus,Intergritas Wilayah,Prinsip Kohesivitas dan kesinambungan.

“7 Prinsip ini lah yang menjadi pedoman kita dalam menentukan dan menata dapil pada Pemilu Legislatif tahun 2019 nantinya”Pungkas Arwin .(Hend/LAP)


TAG

Dipost Oleh SATRIA

wartawan /Reporter/ Tim Liputan Batusangkar NEWS| Sumber Informasi Terpercaya Batusangkarnews.com

Tinggalkan Komentar