Logo
images

POLISI TANGKAP 3 PEMBAKAR MOBIL PT.HDE

Solok,

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumbar menetapkan 12 orang tersangka terhadap aksi pengrusakan dan pembakaran secara bersama-sama satu unit mobil minibus milik PT. HDE terkait penolakan masyarakat Tabe Lanyek Jorong Gurah Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Lembang Jaya Kabupten Solok terhadap proyek pembangkit listrik panas bumi (Geothermal) di daerah itu.

Dari 12 orang yang telah ditetapkan, 3 orang berhasil diamankan, sedangkan 9 lainnya masih dalam pengejaran dan masuk Daftar Pencari Orang (DPO).

Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi didampingi Dirreskrimum Kombes Pol Erdi Ardimulan Chaniago, S.Ik, Wadirreskrimum AKBP Partomo Irianto, S.Ik ketika release kemarin siang, Selasa (6/2) di Mapolda Sumbar.

Dirreskrimum mengatakan, penetapan tersangka ini berawal dari aksi penolakan yang berujung dengan pengerusakan dan pembakaran satu unit mobil yang dikendarai oleh karyawan PT. Hitary Daya Energi (HDE) yang melakukan survei lokasi di daerah tersebut pada tanggal 20 November 2017.

“Tersangka yang kita amankan berinisial Y berusia 51 tahun. Tersangka kita tangkap pada tanggal 24 Januari di daerah Kabupaten Tangerang Banten tempat pelariannya, kemudian untuk dua tersangka lain yang diamankan berinisial H (25) yang telah ditahan sejak tanggal 29 Desember 2017 dan A (30) yang telah ditahan sejak tanggal 19 Januari di sel Mapolda Sumbar. Awalnya, kedua tersangka tersebut diperiksa sebagai saksi, namun kemudian dari hasil penyidikan akhirnya terlibat dan ditetapkan sebagai tersangka”, ujarnya.

Untuk ketiga tersangka yang telah diamankan memiliki peran yang berbeda, diantaranya tersangka H yang melakukan pembakaran mobil sedangkan Y dan A melakukan pengerusakan.

“Atas perbuatan tersangka ini mereka akan dikenakan dengan pasal berlapis yaitu pasal 187 junto 170 ayat (2) junto 160 junto 406 ayat (1) junto pasal 55 ayat (1) KUHP. Dengan ancaman kurungan penjara diatas lima tahun”, tambahnya.(Tim/LAP)

 


TAG

Dipost Oleh SATRIA

wartawan /Reporter/ Tim Liputan Batusangkar NEWS| Sumber Informasi Terpercaya Batusangkarnews.com

Tinggalkan Komentar