Logo
images

Tanah Datar Pertahankan Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik I Tingkat Sumbar WABUP ZULDAFRI : TANAH DATAR INGIN BERPRESTASI DI TINGKAT NASIONAL

 Tanah Datar.

Sebuah penghargaan prestisius khususnya di bidang perencanaan pembangunan kembali diraih Kabupaten Tanah Datar. Penghargaan yang tahun lalu bernama Penghargaan Pangripta Nusantara (APN) berhasil dipertahankan pada tahun 2018 ini dengan meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang diserahkan langsung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno kepada Wakil Bupati Zuldafri Darma, di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (10/4) saat Pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Barat.  

Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam kesempatan itu menyampaikan ungkapan syukur atas prestasi yang kembali diraih untuk kedua kalinya secara berturut-turut. “Ungkapan syukur kepada Allah SWT atas kepercayaan yang diberikan, memilih kembali Tanah Datar menjadi yang terbaik kategori kabupaten dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Sumbar,” ungkap Zuldafri.

2_5

Lebih lanjut Zuldafri sampaikan bagi Kabupaten Tanah Datar yang dipimpin oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wabup Zuldafri Darma penghargaan ini melengkapi penghargaan lainnya seperti WTP lima kali berturut turut, Pelayanan Publik Zona Hijau, Keterbukaan Informasi Publik dan APlP level 3 serta puluhan macam penghargaan lainnya.

“Dengan dipilihnya Kabupaten Tanah Datar sebagai terbaik tingkat Provinsi dan berhak mewakili Sumbar ke tingkat Nasional, Tanah Datar bertekad akan memperbaiki prestasi 15 besar tingkat Nasional menjadi lebih baik lagi,” ungkap Zuldafri.

Dijelaskan dengan diraihnya penghargaan ini menunjukkan perencanaan pembangunan Tanah Datar dinilai sudah memenuhi beberapa indikator utama; proses perencanaan pembangunan tahun ini dan realisasi pembangunan tahun sebelumnya sudah selaras.

3_3

“Semoga perencanaan pembangunan yang baik diikuti dengan realisasi pembangunan yang baik akan terjadi penurunan angka kemiskinan, mengurangi ketimpangan ekonomi, perbaikan layanan pendidikan, kesehatan, administrasi kependudukan dan pembinaan kehidupan beragama,” sebut Zuldafri.

Zuldafri harapkan seluruh OPD terus meningkatkan kinerjanya dengan tetap mempertahankan komunikasi dan koordinasi yang baik. Secara khusus Wabup Zuldafri ingatkan OPD untuk lebih baik di masa yang akan datang perlu menginterventarisasi seluruh potensi yang ada, kemudian tantangan ke depan berikut dengan solusinya.

Di kesempatan itu Zuldafri sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh OPD, Camat dan Walinagari yang telah mendukung proses perencanaan pembangunan yang dimulai dari bawah dan realisasi pembangunan atas perencanaan yang telah dibuat dan dukungan dan kerjasama yang baik dari DPRD Tanah Datar sebagai mitra pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Tanah Datar, Alfian Jamrah ungkapkan penghargaan PPD tahun 2018 yang kita terima ini yaitu atas penilaian penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan capaian hasil pembangunan tahun sebelumnya di mana proses penyusunan RKPD tersebut meliputi bottom up, top down, partisipatif, teknokratik dan politis. Kemudian juga menggunakan prinsip tematik, holistik, integratik dan spasial, jelasnya.

Dijelaskan Alfian lebih lanjut, proporsi penilaian terdiri atas penilaian dokumen perencanaan 40% dan presentasi di depan tim penguji 60%. Adapun dokumen yang dinilai adalah capaian dan evaluasi 30% kemudian kedalaman, keterkaitan, keterukuran dan inovasi daerah. Sedangkan presentasi meliputi penguasaan, kemampuan menyajikan, pembuktian dan power point nya.

Tim penilai dokumen adalah tim teknis dari Bappeda Provinsi Sumbar yang dipimpin Ir.Hefdi Sekretaris Bappeda. Kemudian dinilai secara keseluruhan oleh tim independen yang terdiri dari Prof.Dr. Werry Darta Taifur (Unand), Prof.Dr.Mudjiran (UNP) dan Prof.Dr. Melinda.

Selanjutnya, bagi kabupaten/kota terbaik akan diutus ke tingkat pusat untuk lomba tingkat nasional dengan dua tahap yaitu penilaian dokumen dan presentasi di Bappenas. 

“Alhamdulillah Kabupaten Tanah Datar kembali meraih peringkat pertama tingkat Sumbar di mana tahun 2017 kita juga pada posisi pertama dan masuk 15 besar tingkat Nasional, untuk tahun ini kita bertekad untuk lebih baik lagi di tingkat nasional”, pungkasnya.

Sementara itu kabupaten/kota yang ikut menerima Penghargaan PPD tingkat Sumbar tahun  2018 yaitu kelompok kabupaten peringkat 2  Kabupaten Solok Selatan, peringkat 3  Kabupaten Padang Pariaman, Harapan 1 Kabupaten  50 kota, Harapan 2 Kabupaten Agam. 

Selanjutnya kelompok Kota yaitu peringkat 1 Kota Sawahlunto, peringkat 2  Kota Payakumbuh, perigkat 3 Kota Padang dan harapan 1 Kota Solok. (Reyhan?LAP)


TAG

Dipost Oleh SATRIA

wartawan /Reporter/ Tim Liputan Batusangkar NEWS| Sumber Informasi Terpercaya Batusangkarnews.com

Tinggalkan Komentar